Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Minggu, 08 Januari 2012

MANFAATKAN WAKTU LUANG ANDA PADA HAL-HAL YANG BERMANFAAT

Perubahan mendadak dalam kehidupan dapat membuka periode waktu bebas yang kita tidak punya sebelumnya. Banyak waktu luang mungkin terjadi melalui perubahan gaya hidup, pensiun, perubahan karier (mendapatkan PHK, dll), memiliki anak-anak, meninggalkan rumah, atau lulus dari sekolah atau perguruan tinggi. Atau, mungkin bahwa Anda telah memutuskan untuk mengambil waktu untuk menemukan diri di tengah struktur konstan dan keriuhan kehidupan sehari-hari dan Anda sengaja membuat lebih banyak waktu luang yang tersedia. Atau, seperti halnya dengan banyak orang, Anda mungkin hanya mencari cara untuk membuat lebih baik dari menggunakan waktu luang yang Anda miliki, di antara hal-hal lain yang Anda lakukan dalam kesibukan Anda.Namun banyak waktu luang yang Anda miliki dan apa pun alasan di balik itu, mengisi waktu luang Anda dengan kegiatan yang berguna adalah cara untuk meningkatkan kreativitas Anda, energi, antusiasme, dan rasa pemenuhan dari kehidupan. Menggunakan waktu luang produktif dapat membantu Anda untuk mengatasi ketidakmampuan untuk bersantai karena Anda takut "untuk melakukan sesuatu". Dan akhirnya, menggunakan waktu luang dengan cara yang terasa bermanfaat bagi Anda akan memastikan bahwa Anda merasa lebih baik, terlibat penuh dalam kehidupan, dan sangat banyak manusia yang produktif. Pada artikel ini, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai cara untuk mengisi waktu luang Anda dengan kegiatan yang bermanfaat dan memuaskan.

 
1. Buatlah rencana untuk waktu luang Anda

Waktu bebas hanya akan menjadi berguna bagi Anda jika Anda telah terfokus pada hal itu dan bagaimana Anda ingin menggunakannya. Cukup mengharapkan waktu luang untuk mengubah produktif, kreatif, atau berpikir tentang proses yang diperlukan untuk mengisi waktu yang efektif. Realisasi pertama, terserah kepada Anda untuk "melakukan sesuatu" tentang membuat waktu luang Anda, bekerja lebih baik untuk Anda, itu tidak akan datang dari suatu tempat atau orang lain, hanya dari pilihan Anda untuk membuat waktu lebih berguna. Realisasi kedua Anda adalah untuk membuat pikiran Anda sendiri untuk apa yang Anda definisikan sebagai "berguna". Santai, melakukan sesutau , meremajakan, dan berpikir semuanya "berguna" jika kegiatan kita menyebabkan kehidupan yang lebih baik, lebih terpenuhi. Jangan Anda berpikir dalam hal apa yang Anda pikir harus lakukan, tetapi apa yang Anda tahu akan membuat Anda merasa lebih produktif, terlibat dan puas dalam hidup. Berikut adalah beberapa cara perencanaan mungkin bagi Anda:
  • Tuliskan daftar hal-hal yang Anda ingin lakukan dalam waktu luang Anda. Anda dapat melakukan cara apapun yang Anda suka, atau memperlakukan semuanya jika itu sama-sama penting, karena itu terserah Anda.
  • Membuat jurnal tentang kehidupan Anda dan mencakup bagaimana Anda ingin menjadi lebih hidup.
  • Pastikan untuk menggambarkan aktivitas. Anda sedang mencoba di waktu luang Anda sehingga Anda bisa mengevaluasi mana yang layak dilakukan atau tidak.
  • Buat papan visualisasi yang menetapkan cara-cara di mana Anda ingin menghabiskan waktu luang di masa depan.

2. Tinggalkan hal-hal tertentu keluar dari waktu luang Anda

Jika Anda ingin waktu luang Anda benar-benar berguna, maka memungkinkan harus memasukan hal-hal ke dalamnya. Alasan untuk ini adalah bahwa waktu luang Anda diperlukan untuk menyegarkan Anda dan meningkatkan energi Anda, kreativitas Anda, dan rasa diri Anda. Jika Anda membiarkan kegiatan duniawi biasa di kehidupan sehari-hari menyusup ke waktu luang Anda dengan dalih menjadi "berguna", Anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari waktu luang Anda dan Anda akan memiliki batasan yang sangat longgar antara waktu bebas dan sisa waktu Anda , sehingga mendevaluasi waktu luang Anda. Beberapa hal yang disarankan sebagai kegiatan yang berbeda dan terpisah dari waktu luang Anda.


3. Memperluas zona kenyamanan Anda

Salah satu cara yang bagus untuk menggunakan waktu luang berguna adalah menemukan hal-hal baru dan menemukan sesuatu bahwa Anda memiliki dimensi kepada diri sendiri, bahkan anda tidak menyadari sebelumnya. Dengan melangkah di luar zona kenyamanan yang biasa Anda lakukan, waktu luang Anda menjadi perjalanan yang berguna, penemuan diri, dan membantu Anda untuk tumbuh. Selain itu, membantu Anda untuk tetap tertarik dengan memicu rasa ingin tahu Anda, dan memperluas kesadaran Anda. Beberapa hal yang Anda mungkin mempertimbangkan untuk melakukan ini meliputi:
- Mencoba hal baru  
- Melakukan hal yang Anda suka pada masa lampau
- Menikmati tantangan yang terlibat dalam memperbarui minat Anda.
- Tuliskan hal-hal yang merangsang dan energi Anda.  
- Carilah kegiatan dan pengalaman yang akan membawa Anda.


4. Ubah pendekatan Anda untuk penggunaan media

Matikan TV dan biarkan keluar dari waktu luang Anda. Pikirkan cara-cara kreatif untuk menggunakan media di waktu luang Anda sebagai gantinya. Internet memungkinkan kita untuk bertanggung jawab atas masukan yang diedarkan melalui media, menyediakan Anda dengan kesempatan untuk mengubah waktu luang Anda, menjadi sarana yang berguna untuk kreatif, pesan praktis, atau informatif yang mungkin Anda ingin berbagi dengan dunia. Atau mungkin Anda dapat menulis beberapa puisi atau cerita pendek dan menambahkannya ke blog dengan orang yang online. Ini berguna untuk waktu luang, Anda akan menggali kreativitas Anda dan memberi orang lain sesuatu yang mereka dapat menghargai, menikmati, atau belajar dari sebagian hasilnya.


5. Cobalah sukarela (Bersosialisasi)

Jika Anda memiliki cukup waktu luang untuk memberikan waktu Anda kepada orang lain yang membutuhkan, ini bisa menjadi cara yang sangat memenuhi untuk memberikan kembali kepada publik atau masyarakat. Dan bahkan lebih baik. Anda bisa memilih apa yang menjadi relawan sesuai dengan apa yang Anda percaya, dan apa yang Anda anggap paling penting. Reputasi melalui relawan menjadi pengalaman yang sangat memuaskan yang membantu banyak orang lain.Beberapa ide untuk bersosialisasi mencakup pekerjaan badan amal, misal bergotong royong, pekerjaan hewan (penyelamatan hewan atau pelatihan, dll), untuk memberikan diri Anda beberapa variasi baik dalam pengalaman dan orang yang Anda temui. 

6. Pertimbangkan Reorientasi gaya hidup Anda

Jika Anda menemukan waktu luang Anda telah terhambat oleh karena harus berurusan dengan rumah besar (pekerjaan rumah tangga). Mungkin anda perlu bergerak lebih dekat ke tempat di mana ada banyak kegiatan yang Anda lebih suka melakukannya dan yang tidak ditawarkan.Hindari melihat perampingan karena merampas diri Anda dari suatu standar tertentu. Setelah Anda membebaskan diri dari kebutuhan Anda akan segera belajar bahwa waktu Anda lebih bernilai.


sumber: klik saja disini!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar